pengertian jam tangan

Jam tangan atau arloji ialah penunjuk masa-masa yang digunakan di pergelangan tangan manusia. Jam tangan kesatu kali diperkenalkan pada abad ke-16. Pada saat tersebut semua jam tangan dan perangkat penunjuk masa-masa lainnya memakai mesin penggerak mekanik manual (hand-winding). Jam tangan tertua yang diketahui ialah jam tangan kepunyaan Ratu Inggris Elizabeth I yang diciptakan oleh Robert Dudley pada tahun 1571. Dari abad 16 hingga mula abad 20, jam tangan hanya dipakai oleh wanita, sementara pria memakai jam saku.

Dominasi jam tangan bermesin mekanik sekitar berabad-abad dengan segala keindahan, kerumitan, dan kemewahannya, akhirnya tidak banyak terganggu dengan hadirnya jam tangan bermesin elektrik yang kesatu kali diperkenalkan pada tahun 1957 di Lancaster, Pennsylvania, Amerika Serikat oleh Hamilton Watch Company. Penelitian arloji elektrik tersebut sebetulnya telah dibuka sejak tahun 1946.

Eksistensi jam tangan elektrik ternyata tidak bertahan lama, sampai Seiko dari Jepang mengenalkan jam tangan bermesin penggerak quartz (baterai) kesatu di dunia, Seiko Astron 35SQ pada tahun 1969. Kelahiran jam tangan quartz ini dinyatakan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) guna masuk kedalam susunan tonggak sejarah pertumbuhan ilmu kiat elektro dunia. Jam tangan jenis ini jugalah yang lantas benar-benar merusak hegemoni industri jam tangan mekanik Swiss. Jam tangan quartz mendominasi pasar, dipakai oleh merk-merk lain, dan menjadi mula perubahan industri jam secara global. Jam tangan yang tadinya diproduksi dengan jumlah yang terbatas dan eksklusif, pulang menjadi produksi massal dengan harga jual yang lebih terjangkau.
https://www.skmei-id.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

jam tangan keren

memuat ulang jam tangan